Bincang Bersama Leader IIP Batam

by - 10.51


Bismillah,

Assalamualaikum Warahmatullah,

Sebelumnya, IIP Batam mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan ke-72 seluruh rakyat Indonesia, khususnya bagi para bunda yang lagi semangat untuk membangun generasi.

Merdeka menurut bunda seperti apa?

Merdeka bisa jadi bahagia, bahagia dari wacana iklan yang garis besarnya cantik itu putih, kulit mulus, langsing, tinggi, berambut panjang, memakai barang-barang yang mahal nan bermerek dan sebagainya, kecantikan seolah hanya bisa dilihat yang nampak difisik. Padahal ada lebih jauh jika kita percaya diri, bebas dari Intimidasi macam itu, kecantikan terpancar dari dasar aqidah dan akhlak. Bahwa kita berpenampilan dimuka bumi ini semata-mata hanya mengharapkan Ridho-Nya, maka tak ada lagi gusar untuk selalu mempertimbangkan kecantikan menurut orang lain, bersedih jika terasa asing, bersedih jika merasa ditinggalkan dengan manusia yang tak sevisi, karena hidup bukan untuk mendapat pujian dari sesama. Bagaimana cara mengetahui jika jiwamu sudah bebas dan bahagia dari pandangan seperti itu? Wanita itu bisa menjalani hidup demikian mahal dan glamor, tapi wanita itu lebih memilih dengan kesederhanaannya. Karena sejatinya hidup sederhana itu membuat kita lebih bahagia, dan itu harus diperjuangkan!! Merdekaaaaaa...

Nah, Ngomong soal Wanita, ada sosok yang kita angkat ditulisan kali ini, beliau adalah Leader dari Institut Ibu Profesional Batam (IIP Batam), Sosok yang menginspirasi memperjuangkan hadirnya IIP di kota batam tercinta ini, Yuk kita simak bincang-bincang kali ini bersama Erli Oktania, tapi sebelumnya kita simak profil singkat beliau yah :

πŸ‘¨‍πŸ‘©‍πŸ‘§‍πŸ‘¦ Keluarga

Nama lengkap : Erli Oktania Susanti
Suami : Noerman Chalifah
Anak
1. Khalila Qarira Rachman (7y6m)
2. Almairi Ibrahim (5y10m)
3. Khalisa Kamila Rachman (3y9m)
4. Khairani Khairunnisa Rachman (9m)

πŸ‘©πŸ»πŸ‘©πŸ»‍🏫Riwayat Pendidikan:
SDN IV Mojokerto
SMPN 1 Lawang - Malang
SMUN Lawang - Malang
Teknik Kimia ITS angkatan 99

🌏Riwayat aktivitas:
2005 - 2013 : kuli pabrik 😬
2013 - sekarang : ibu rumah tangga profesional (InsyaAllah πŸ’ͺπŸ’ͺ)
2017 - 2019 : Koordinator IIP wilayah Batam

πŸ’ Awal mengenal IIP:
2013 kenal bu Septi dari FB grup focer (grupnya teh Kiki Barkiah), terus tau ada IIP, nyari IIP terdekat dapatnya IIP Karimun, awal 2016 memisahkan diri bikin grup IIP Batam, kordinya hilang kontak jadi vakum sampai ada program matrikulasi IIP ikut batch2 Oktober 2016
Alhamdulillah ketemu teman2 se-visi buat meramaikan IIP Batam

πŸ’ Motivasi bergabung IIP:
Butuh komunitas yang bisa mengakomodasi kebutuhan belajar dan berkembang menjadi ibu yang lebih baik

πŸ’ Harapan untuk IIP Batam :
Bisa terus tumbuh, merangkul lebih banyak ibu2 dan calon2 ibu di Batam dan sekitarnya untuk sama2 menjadi ibu profesional

1. Assalamualaikum Bunda, Langsung aja yah kita bertanya hehe, Bunda Erli ceritaiin sedikit tentang keseharian bunda dengan keluarga?
Jawaban :

Saya ibu rumah tangga, 4 krucils (Lila 7y6m, Ale 5y10m, Ai 3y9m, Rara 9m) Biasanya bangun tidak lama sebelum subuh (PR niy 😬 pengennya konsisten jam 3 atau jam 4 biar bisa enak sholat dan beresin urusan domestik sebelum krucils bangun) Habis sholat subuh, muroja'ah/doa pagi bentar terus nyiapin sarapan/bekal sekolah, lanjut tugas domestik lain sampai jam 8 dah musti siap membersamai Lila dan Ai memulai home education nya, Ale masih sekolah tkB

2. Lalu bagaimana bunda mengatur waktu antara keluarga terutama untuk anak-anak, upgrade ilmu dan berkomunitas agar bermanfaat bagi ummat?
Jawaban :
Untuk jadwal harian, ngikut jadwal krucils. Sebisa mungkin kegiatan domestik juga melibatkan mereka, jadi bisa simpan waktu main sekalian ngerjain tugas mamanya (hihi... Itung-itung belajar life skill) Gadget yang tidak canggih-canggih amat dioptimalkan manfaatnya, belajar aplikasi-aplikasi yangg mempermudah aktivitas, jadi kapanpun ada waktu luang sedikit bisa langsung ngulik, bikin planning, ngerjain tugas, baca2 materi, dan lain-lain. Berkomunitas (dalam arti ketemu orang langsung) anak2 juga diikutsertakan jadi tetep porsi mereka yg terbesar. We time sama suami tetep dong dicari2 kesempatan nya 😁 Biasanya jam krucils bobo siang terus sore mereka ngaji, saya lanjut kerjaan domestik, maghrib bisa santai nemenin mereka, trus diatas jam 8 emaknya sudah bisa pegang hape bentar sebelum nemenin mereka tidur.

3. Ceritaiin Sedikit tentang Visi-Misi Keluarga dari Bunda Erli?
Jawaban :

Visi misi keluarga : Tumbuh bersama anak2 dengan bahagia untuk kebahagiaan dunia akhirat.

4. Apa yang melatarbelakangi untuk mantap membentuk IIP Batam?
Jawaban :

Karena saya butuh banget wadahnya, kenal IIP sudah lama, dapat matrikulasi ketemu teman-teman sevisi,  Jadi kenapa enggak?

5. Bagaimana Proses mulanya IIP Batam terbentuk dan apa yang paling berkesan?
Jawaban :
Dulu IIP Batam gabung berasama IIP karimun, merasa jauh dari karimun mencoba mengajukan usul bikin whatsapp grup(wag) sendiri sesama warga batam. Jadilah awal 2016 wag IIP Batam terbentuk dengan member tidak lebih dari 10 orang dan koordinatornya waktu itu Bunda Acca Abubakar,  selang beberapa bulan Bunda Acca tiba-tiba hilang kontak dan IIP Batam vakum sampai saya ikut matrikulasi batch 2 di Oktober 2016.
Bekal nekad eh salah tekad πŸ’ͺ🏻 gerilya mengenalkan IIP pada orang-orang yangt sekiranya tertarik, terus ngajak kopdar jadilah waktu itu 5 orang "perintis" IIP Batam (Bunda Lia, Bunda Rika, Bunda Ulfa, Bunda Icha dan Bunda Juli 😘😘) Agendanya 1 : Gimana caranya kita bisa bentuk IIP Batam.
Ketiban sampur jadi leader, nyari jalan sampai saya bisa masuk ke grup kordi dan dapat wejangan langsung dari Ibu Septi kalau tidak perlu capek-capek nyari orang, tidak perlu mengkhawatirkan jumlah, tingkatkan saja kualitas. Orang akan datang dengan sendirinya. IIP Batam meski belum resmi bisa berkegiatan membawa bendera IIP 😊😊
Jadi berbekal itu IIP batam terus bergerak sampai sekarang, Insya Allah mudah-mudahan bisa segera rilis resmi

6. Ada kesulitan atau kendala dalam pergerakan membawa bendera IIP Batam?
Jawaban :

Sekarang sih kendalanya karena IIP belum terlalu terkenal.

7. Apa saja program-program IIP Batam setahun ini dan program terdekatnya?
Jawaban :

Program terbesar yang InsyaAllah akan terlaksana adalah grand launching IIP Batam, launching beberapa Rumah belajar (Rumbel) untuk mewadahi kebutuhan member, program online di wag yang membuat member grup bisa saling berbagi dan melayani melalui sharing-sharing yang bermanfaat.

8. Apa yang menjadi target untuk IIP Batam setahun ini?
Jawaban :

Target pribadi di IIP, merangkul lebih banyak lagi ibu-ibu dan calon2-calon ibu di Batam untuk menjadi ibu profesional baik di ranah domestik maupun publik. 

9. Pertanyaan terakhir nih bunda, apa sih makna kemerdekaan menurut bunda erli?
Jawaban :

Merdeka itu bisa profesional jadi Ibu, bisa berekpresi tanpa bayang-bayang mother war.

Nah untuk ngobrol selanjutnya bisa langsung hubungi kontak beliau langsung yah :)
FB : erlioktania
IG : erlioktania
WA: 081372126524
email : erlioktania@gmail.com

Sekian Bincang bersama dengan Member IIP Batam, Bulan depan kita akan ketemu lagi dengan bincang bersama dengan member lain tentunya yang menginspirasi, Terima Kasih

Wassalamualaikum :)
Salam Ibu Profesional

You May Also Like

0 komentar